Sabtu, 30 Maret 2019

UKURAN VARIASI (Dispersi) DAN SIMPANGAN BAKU

1. Jangkauan Range
           Diantara ukuran variasi yang paling sederhana dan paling mudah dihitung adalah nilai jarak (range). Jika suatu himpunan data sudah disusun menurut uruta yang terkecil (Xmin) sampai dengan yang terbesar (Xmax).
              Range adalah perbedaan antar data terbesar degan data terkecil yang terdapat pada sekelompk data yang menunjukkan jarak penyebaran data antara nilai terendah (Xmin) dengan nilai tertinggi (Xmax).
Rumus : Range = Xmax-Xmin

2. Simpangan Rata-Rata
Rata-rata simpangan (RS) adalah rata-rata hitung dari nilai absolut simpangan yang dirumuskan:

3. Variansi
      Varians merupakan rata-rata hitung dari kuadrat simpangan setiap pengamatan terhadap rata-rata hitungnya. Varians terbagi dua berdasarkan data yang digunakan, apakah data populasi ataukah data sampel.
4. Simpangan Baku
Simpangan baku merupakan akar kuadrat positif dari variansSimpangan baku digunakan untuk mengukur penyimpangan atau deviasi masing-masing nilai individu dari suatu himpunan data terhadap rata-rata hitungnya. Satuan simpangan baku mengikuti data aslinya. Seperti pada varians, simpangan baku juga dibagi menjadi simpangan baku populasi dan simpangan baku sampel.
Contoh : Maka simpangan baku dari data diatas adalah :
5. Jangkauan Kuartil
 
6. Jangkauan Persentil


 

 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEMIRINGAN DAN KERUNCINGAN

KEMIRINGAN DISTRIBUSI DATA Merupakan derajat atau ukuran dari ketidakstabilan (Asimetri)suatu distribusi data.Ukuran kemringan distribusi...