Minggu, 24 Maret 2019

UKURAN GEJALA PUSAT DATA YANG SUDAH DIKELOMPOKKAN

DATA YANG SUDAH DIKELOMPOKKAN
Ukuran gejala pusat yang sudah dikelompokkan
Ukuran gejala pusat merupakan suatu bilangan yang menunjukan sekitar dimana bilangan – bilangan yang ada dalam kumpulan data, oleh karenanya ukuran gejala pusat ini sering disebut dengan harga rata – rata. Harga rata – rata dari sekelompok data itu diharapkan dapat diwakili seluruh harga – harga yang ada dalam sekelompok data itu.
Data yang dikelompokkan adalah data yang sudah disusun ke dalam sebuah distribusi frekuensi sehingga data tersebut mempunyai interval kelas yang jelas, mempunyai titik tengah kelas sedangkan data yang tidak dikelompokkan adalah data yang tidak disusun ke dalam distribusi frekuensi sehingga tidak mempunyai interval kelas dan titik tengah kelas.  
1. Mean (Rata-Rata)
Mean atau rata-rata adalah nilai yang diperoleh dari jumlah sekelompok data dibagi dengan banyaknya data. Mean ini digunakan ketika data yang kita miliki memiliki sebaran normal atau mendekati normal (berbentuk setangkup, nilai yang paling banyak berada ditengah dan makin besar semakin sedikit, makin kecil makin sedikit pula, nilai-nilai ekstrim yang besar maupun yang kecil hampir tidak ada).
2. Median
         Median adalah data yang membagi data menjadi 2 kelompok. Hampir sama dengan mencari median untuk data tunggal, nilai median pada data kelompok juga merupakan nilai tengah dari suatu kumpulan data, karena bentuk penyajian datanya disajikan dalam bentuk kelompok , maka datanya tidak dapat diurutkan seperti data tunggal.
 3. Modus
           Modus ialah nilai data yang sering muncul, atau data yang memiliki nilai frekuensi paling gtinggi. Namun untuk mencari nilai modus pada data kelompok ini ttidaklah mudah, karena bentuk penyajiannya data kelompok disajikan dalam sebuah rentang kelas, sehingga nilai modus data kelompok perlu menggunakan rumus.
4. Kuartil
         Pengertian kuartil sama saja dengan median, hanya saja perbedaannya terletak pada banyaknya pembagian kelompok data, yang membagi kelompok data atas 4 bagian yang sama besar, sehingga akan ada Q1,Q2,Q3,....


 
 5. Desil
         Desil adalah nilai yang menandai batas interval dan sebaran frekuensi yang berderet dalam sepuluh bagian sebaran yang sama. memang hampir sama dengan kuartil, bedanya desil dibagi 10.
6. Persentil
          Persentil adalah nilai yang membagi data menjadi seratus bagian yang sama besar.
CONTOH












 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEMIRINGAN DAN KERUNCINGAN

KEMIRINGAN DISTRIBUSI DATA Merupakan derajat atau ukuran dari ketidakstabilan (Asimetri)suatu distribusi data.Ukuran kemringan distribusi...