Sabtu, 02 Februari 2019

Hello.....



STATISTIKA


Kegunaan Statistika Dalam Berbagai Bidang




Pengertian Statistika


Statistika merupakan ilmu yang berkenan dengan perencanaan, pengumpulan, penganalisisan, penginterpretasian pengolahan dan presentasi data. Secara singkat, statistika dapat diartikan sebagai ilmu yang berhubungan dengan pengolahan data berdasarkan data yang telah dianalisis Statistika juga merupakan ilmu yang digunakan dalam usaha mencoba mengolah data untuk mendapatkan manfaat berupa pengambilan keputusan.

 


Kegunaan Statistika Dalam Berbagai Bidang

Seiring dengan perkembangan zaman di era globaliasi ini, statistika juga dapat digunakan di kehidupan sehari-hari, tidak terbatas pada satu bidang saja. Di berbagai bidang sudah mulai membutuhkan statistika sebagai penunjangnya. Selain itu, pemanfaatan ilmunya juga sangat luas dan berguna bagi kehidupan sehari-hari.


1.      Dalam Bidang Akuntansi
Statistika dapat digunakan antara lain dalam penentuan standar audit barang dan jasa, penentu depresiasi barang dan jasa dan analisis rasio keuangan, penentuan struktur gaji, pesangon dan tunjangan karyawan, penentuan jumlah persediaan, evaluasi produktivitas karyawan, serta evaluasi kinerja karyawan. Seorang akuntan menggunakan statistika sebagai cara menangani dan meringkas atau mengumpulkan hasil perkembangan suatu perusahaan atau keuangan. yang penyajiannya bisa berupa tabel atau daftar, sering disertai diagram atau grafik.



2.       Dalam Bidang Produksi


Dalam bidang produksi, statistik dapat berguna untuk mengetahui jenis barang apa saja yang paling diminati masyarakat dalam kaitannya dengan rencana produksi berikutnya.
- Penetapan standar kualitas dan pengawasan kualitas
- Pengawasan terhadap efisiensi kerja
- Test terhadap metode atau produk baru




3.       Dalam Bidang Ekonomi


Badan Pusat Statistik pasti melakukan suatu sensus yang dikenal sebagai sensus ekonomi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan ekonomi di Indonesia ini. Data ekonomi yang telah diperoleh dapat memberitahukan apakah perekonomian negara kita mengalami peningkatan atau malah mengalami penurunan. Selain itu, data tersebut juga dapat digunakan sebagai tolok ukur perkembangan Negara Indonesia dengan negara – negara yang lain.



4.       Dalam Bidang Pemasaran




Dalam bidang pemasaran, statistika dapat digunakan untuk membantu para produsen dan distributor dalam menentukan barang apa dan seberapa banyak barang yang sekiranya harus diproduksi dan disalurkan ke pasaran yang merupakan barang yang paling banyak diminati oleh para konsumen. Selain itu juga dapat digunakan dalam rangka penelitian dan pengembangan produk, analisis potensi, segmentasi dan diskriminasi pasar, efektifiktas kegitan promosi penjualan, serta penetapan harga.



5.       Dalam Bidang Pendidikan




Fungsi utama statiska dalam dunia pendidikan adalah sebagai alat bantu dalam proses belajar-mengajar. Sebenarnya penilaian ini bersifat kualitatatif, tetapi akan diubah menjadi data yang kuantitatif. Ada berbagai alasan dilakukannya kuantifikasi, Dengan menggunakan data kuantitatif, pendidikan akan lebih dapat memperoleh kepastian, dibandingkan menggunakan data kualitatif. Oleh karena itu cara yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan data kuantutatif. Dengan kata lain statistik dapat digunakan pendidik sebagai alat bantu untuk mengolah, menganalisis, dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEMIRINGAN DAN KERUNCINGAN

KEMIRINGAN DISTRIBUSI DATA Merupakan derajat atau ukuran dari ketidakstabilan (Asimetri)suatu distribusi data.Ukuran kemringan distribusi...