Selasa, 05 Maret 2019

Ukuran Pemusatan Data

MACAM-MACAM UKURAN PEMUSATAN DATA

Ukuran pemusatan data (ukuran tendensi sentral) adalah suatu ukuran atau nilai yang diperoleh dari sekumpulan data, dan mempunyai kecendrungan berada ditengah-tengah dari sekumpulan data tersebut dan mewakili data secara keseluruhan.
Macam-Macam Ukuran Pemusatan Data
1. Rata-Rata Hitung
Mean atau rata-rata hitung adalah nilai yang diperoleh dari jumlah sekelompok data dibagi dengan banyaknya data. Dalam kegiatan penelitian mean ini sering digunakan dibandingkan gejala pusat lainnya.


Untuk mendapatkan nilai dari mean maka kita harus mencari tahu terlebih dahulu titik tengah dan nilai hasil kali nilai tengah dengan frekuensi.








2. Rata-Rata Ukuran
Rata-rata ukuran biasanya digunakan untuk menentukan rata-rata perubahan atau rata-rata rasio dari suatu data deret waktu. Nilai rata-rata ukur ini dapat dianggap sebagai rata-rata pertembuhan pada suatu periode tertentu.


 

3. Rata-Rata Harmonis
Nilai rata-rata harmonis pada umumnya digunakan untuk menghitung nilai rata-rata suatu observasi yang memiliki rasio berbeda-beda. Rata-rata yang dihitung dengan cara mengubah semua data menjadi pecahan, nilai data dijadikan penyebut, dan pembilangnya satu, kemudian semua pecahan dijumlahkan dan dijadikan sebagai pembagi jumlah data.
Contoh :






4. Rata-Rata Tertimbang
Adalah suatu nilai yang diperoleh dari suatu kelompok data yang dinyatakan sebagai
X1,X2,X3,...Xn berturut-turut ditimbang dengan bobot 
W1,W2,W3,...Wn. 
Contoh :

5. Modus
Modus adalah nilai yang mempunyai frekuensi paling banyak, cara untuk mencari modus untuk data yaitu dilihat dari frekuensinya. 
Contoh, Dik Data : Xi = 7,8,8,8,9,4,5,6,9
Maka modusnya adalah 8, karena yang paling banyak muncul.

6. Median
Median adalah data yang membagi data menjadi dua kelompok. Pada data tunggal, pencarian nilai median dilakukan dengan cara mengurutkan data dari nilai terkecil ke nilai yang terbesar, Kemudian nilai tengah data yang telah diurutkan itu merupakan nilai median.
Contoh median data ganjil dan genap :
7. Kuartil
Pengertian kuartil sama saja dengan median, hanya saja perbedaanya terletak pada banyaknya pembagian kelompok data, yang membagi kelompok data atas 4 bagian yang sama besar, sehingga akan ada Q1,Q2,Q3...
8. Desil
Desil adalah nilai yang menandai batas interval dari sebaran frekuensi yang berderet dalam sepuluh bagian sebaran yang sama. Memang hampir sama dengan kuartil bedanya kalau kuartil dibagi 4, desil dibagi 10.
9. Persentil
Persentil adalah nilai yang membagi data menjadi seratus bagian yang sama besar.  








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UKURAN GEJALA PUSAT DATA YANG SUDAH DIKELOMPOKKAN

DATA YANG SUDAH DIKELOMPOKKAN Ukuran gejala pusat yang sudah dikelompokkan Ukuran gejala pusat merupakan suatu bilangan yang menunjukan...